Setiap Orang Bisa Bebas Berbicara Dan Bersikap Asalkan Tetap Dengan Bertanggung Jawab

Setiap Orang Bisa Bebas Berbicara Dan Bersikap Asalkan Tetap Dengan Bertanggung Jawab

Pada dasarnya orang itu sudah bisa berbicara, dan bersikap. Orang bisa dengan mudah mengatakan hal baik dan buruk. Bersikap baik dan buruk dengan cara mereka. Dengan suka-suka mereka. Sehingga selama belum ada aturan untuk adanya batasan berbicara, berbicaralah sebanyak-banyaknya, lontarkan segala macam pertanyaannya, pendapatmu, dan cari kebenaran. Tapi dibalik semua itu diharapkan juga kebijaksanaan anda atau tanggung jawab anda dalam bertanya dan memberikan pernyataan.  

Setiap Orang Bisa Dengan Bebas Berbicara Dan Bersikap Asalkan Jangan Lupa Tetap Dengan Bertanggung Jawab

Dalam berkata-kata, kita sebagai manusia adalah juaranya dalam memberikan kata-kata baik berupa nasihat, saran, komentar, kritik, dan lain semacamnya. Tapi kita juga harus menyesuaikan dengan hukum yang berlaku. Bukan hanya karena dia bebas bertindak, bebas berbicara. Bebas bersikap, dan karena dia anakmu, anggota keluargamu, jadi anda menjadi seseorang yang mengiyakan dan membenarkan sikapnya itu. Itu bukanlah hal yang baik. Perlu juga kalian tetap menjaga kedisiplinan dalam bertindak, sehingga kalian tetap dalam ranah kalian. Dan itu adalah poin paling penting. 

Selama kalian masih memiliki kebebasan untuk mengatakan, memberikan pendapat, memberikan masukkan, saran dan bisa berkontribusi akan sesuatu kegiatan yang lakukan. Jangan batasi dirimu untuk semua itu. Semua orang berhak memilih, berhak mengambil keputusan, jangan karena semua keputusan yang anda buat itu didasari oe=leh pilihan orang tua. Karena, itu rasanya akan berbeda. Pada ujung-ujungnya, kita juga yang akan menghadapi dan menjalaninya sendiri. Jadi jangan terpaku pada satu point. Jangan sampai orang lain yang mengontrol hidupmu.

Hidupmu ya hidupmu, anda yang akan menjalaninya sendiri dengan gaya anda, dengan cara anda, dengan keinginan anda. Untuk selanjutnya apa yang akan terjadi selanjutnya itu adalah pilihan anda dan juga risiko anda sekaligus. Jadi semua ada di tangan anda. Anda sudah masuk di usia dimana anda dianggap sudah cukup dewasa dalam membuat dan mengambil keputusan jadi selama kalian sudah diberikan kesempatan itu, pergunakanlah semua itu dengan sebaiknya.