Sering Sekali Kita Cepat Mengambil Kesimpulan Dan Akhirnya Kita Keliru Akan Itu

Sering Sekali Kita Cepat Mengambil Kesimpulan Dan Akhirnya Kita Keliru Akan Itu

Kita semua tentu pernah berbuat salah. Kita pernah salah mengambil keputusan, salah dalam memberikan atau membuat kesimpulan. Dan biasanya itu terjadi karena kita terlalu terburu-buru. Atau karena kita terlalu mendengar kata orang, mudah terpengaruh sampai tidak bisa berpikir jernih. Sampai tidak berpikir dulu, dan mencari tahu kebenarannya. Dan akhirnya buru-buru membuat kesimpulan dan keputusan yang salah. Dan kita sendiri yang rugi. Dan tidak jarang itu juga merugikan orang lain, atau orang yang ada disekitar kita. 

Sering Sekali Kita Cepat Mengambil Kesimpulan Dan Akhirnya Kita Keliru Akan Itu

Tidak jarang kita melakukan itu dengan kesadaran penuh atau dalam keadaan tidak sadar. Untuk itu kita perlu melatih diri untuk lebih sabar, lebih bijak lagi dalam berpikir. Bijak menentukan mana yang harus kalian dengar, mana yang harus kalian ambil pendapatnya atau nasihat. Jangan mengambil dan menerima mentah-mentah omongan, atau pendapat orang. Meskipun orang tersebut adalah orang yang terpandang, lebih tua, atau orang pintar dan cerdas. Karena orang pintar, ilmuwan, guru sekalipun, pasti pernah keliru. Sehingga kita harus tetap melihat dan menimbang apa perkataan orang. 

Tetap harus mencari tahu kebenaran. Apalagi pernyataan yang diberikan adalah pernyataan yang sensitif topiknya. Dan kalau bisa kita cari tahu kebenarannya dari berbagai sumber. Sehingga kita bisa memastikan kebenarannya. Dan jangan terburu-buru, menerima, atau percaya apa kata orang. Karena saat kita membuat kekeliruan, kita tidak bisa mengembalikan waktu. Kita tidak bisa memperbaiki keadaan yang sudah kita kacau kan karena kekeliruan kita. Karena kecerobohan kita akan salah mengambil kesimpulan dan membuat kesimpulan. 

Jadi berpikirlah lebih panjang. Berpikirlah dengan kepala dingin. Tenangkan dulu diri kalian. Jangan terburu-buru mengambil kesimpulan atau membuat keputusan. Jangan tergesa-gesa. Pikir segala risiko. Pikir apa yang akan terjadi jika kita memberikan suatu pernyataan, atau membuat keputusan. Kalau pun kalian tidak yakin akan pemikiran kalian, tidak yakin dengan keputusan yang akan kalian ambil, kalian bisa coba dengan meminta pendapat dari orang lain.