Jadi Lebih Bagus Memanglah Jalannya Tidak Sempat Gampang Serta Gampang

Manusia Paling Pintar Memberikan Saran Dan Nasihat Tapi Untuk Masalahnya Sendiri Buyar

Pernahkah kalian melihat teman kalian atau orang lain mengatakan pada anda, bahwa memberikan saran atau nasihat pada orang lain sangatlah hebat. Tapi giliran masalah sendiri dia buyar, dia stres dan seperti hilang arah. Tapi memberikan solusi pada orang lain dia sangat hebat. Dan ini rasanya berlaku pada semua orang. Semua orang pasti pernah merasakan ini. Dan pada dasarnya, mengkritik orang, menilai orang akan jauh lebih mudah daripada mengkritik dan menilai diri sendiri. Karena saat mengkritik orang, kita tinggal melihat dan mengomentari. Sedangkan untuk diri sendiri, kita harus berkaca dulu.

Manusia Paling Pintar Memberikan Saran Dan Nasihat Tapi Untuk Masalahnya Sendiri Buyar

Apakah salah misalnya kita memberikan saran kepada orang lain, dan memberikan solusi kepada orang lain, dan saat kita memiliki masalah, kitanya malah buyar. Kitanya malah tidak bisa membereskan masalah kita sendiri. Kita hilang arah, dan menjadi tidak tahu harus bersikap seperti apa. Apa yang harus kita lakukan. Apa yang harus kita putuskan. Jika ditanya salah atau benar, itu relatif. Karena rasanya tidak ada yang benar dan salah. Tapi baik atau buruk. Dan jika diberikan pertanyaan seperti itu, jawabannya adalah, alangkah baiknya, saat kita bisa memberikan solusi kepada orang lain, kita pun bisa membantu diri kita sendiri saat ada masalah. 

Jika kita bisa memberikan nasihat, saran, dan solusi kepada orang lain, bukankah itu hal yang baik? Kita bisa membantu orang lain. Dan orang lain bisa terbantu karena kita. Dan tidak jarang orang bisa membantu orang lain, memberikan orang lain solusi di saat dia sendiri sedang ada banyak masalah. Malah dia sedang berada di ujung jurang. Tapi dia masih bisa membantu orang lain. Masih bisa memberikan saran dan solusi. 

Dan itu adalah kelebihan dan hal baik yang jangan kalian sedihkan. Walaupun orang lain mengatakan tapi kalian giliran masalah sendiri kacau. Itu tidak masalah karena selama kalian bisa membantu orang lain, bukankah itu adalah hal baik? Itu adalah berkat. Yang tidak semua orang bisa melakukannya.