Sering Sekali Kita Cepat Mengambil Kesimpulan Dan Akhirnya Kita Keliru Akan Itu

Beberapa Ungkapan Orang Zaman Dulu Yang Terkenal Sampai Sekarang

Ada banyak perkataan orang dulu yang dimana banyak dikatakan oleh para orang tua saat anaknya melakukan kesalahan. Dan banyak pernyataan itu rasanya tidak masuk di akal. Ada yang rasanya mengada-ada. Tapi itu sudah menjadi tradisi di beberapa kelompok masyarakat. Dan kebanyakan itu adalah sebuah mitos. Yang dimana dulu digunakan untuk menakut-nakuti anak-anak. Agar mereka tidak melakukan kesalahan atau tidak bersikap nakal.

Beberapa Ungkapan Orang Zaman Dulu Yang Terkenal Sampai Sekarang

Misalnya saja kalian pasti pernah dengar ungkapan, “jangan gunting kuku di malam hari, maka hal buruk akan terjadi” . Banyak orang tua mengatakan ini pada anak-anak jaman dulu. Ini semata-mata karena dulu itu masih jarang sekali ada lampu, atau penerangan lainnya. Sehingga saat malam bisa menjadi sangat gelap. Karena minimnya pencahayaan. Karena tidak semua orang memiliki lampu atau petromax. Jadi kalau mau potong kuku malam-malam, maka bisa berisiko, bisa kegunting sampai di daging. Jadi menghindari dari kejadian tersebut, orang tua membuat ungkapan tersebut, untuk menakuti anak-anak. Sehingga mereka tidak akan melakukannya. Alhasil, banyak sekali orang yang menggunakan perumpamaan tersebut sampai sekarang.

Ada juga yang mengatakan jangan membuka payung di dalam rumah, karena itu akan mengundang atau membuat ada yang meninggal di dalam di rumah. Dan ini jelas merupakan mitos. Ini diucapkan karena untuk menakuti anak-anak agar tidak bermain payung dan tidak membuka payung di dalam rumah. Karena membuka payung di dalam rumah akan mengganggu aktivitas di dalam rumah, dan bisa menyenggol beberapa barang, dan bisa berantakan. Dan itu lah yang membuat ungkapan ini menjadi cukup terkenal.

Ada juga ungkapan seperti, jangan duduk di depan pintu. Kalau duduk di depan pintu, maka akan dijauhkan dari jodoh. Hal ini merupakan mitos. Karena tidak ada yang mempengaruhi duduk di depan pintu dan jodoh. Hal ini dikatakan semata-mata untuk membuat anak-anak takut, dan tidak duduk di depan pintu. Tidak nongkrong di depan pintu. Karena itu merupakan jalan untuk orang lalu lalang. Jadi jika kalian duduk di depan pintu kalian menghalangi jalan orang.