Belajar Menjadi Seseorang Yang Bisa Berterima Kasih Pada Si Pencipta

Banyak Orang Masih Gengsi Untuk Mengatakan Maaf Saat Sudah Tahu Salah

Pernahkah kalian bertemu orang yang dia sulit sekali untuk mengatakan maaf. Padahal dia itu sudah jelas tahu dia salah. Tapi dia malah santai aja melakukan kegiatannya dan berkomunikasi dengan yang lainnya seperti tidak ada masalah. Atau malah dia masih bersikeras dengan pemikirannya, dan karena gengsi untuk meminta maaf, maka dia mencari kesalahan orang lain, untuk mengalihkan perhatian. Atau malah mencari kambing hitam untuk sebagai penggantinya. Yang akan dijadikan objek kesalahan. Sehingga dia terlihat baik. Dan bisa saja itu pernah kita lakukan. 

Banyak Orang Masih Gengsi Untuk Mengatakan Maaf Saat Sudah Tahu Salah

Dan rasanya banyak dari kita sering melakukannya, baik secara sadar maupun tidak sadar. Dan ada yang kita lakukan baru sekali, karena memang  sudah rasa terpojokkan. Dan itu malah membuat kalian bersalah pada akhirnya sehingga kalian menyesali apa yang kalian perbuat. Sehingga dari itu, kalian belajar untuk lebih berani untuk, mengakui kesalahan dan meminta maaf. Tapi ada juga, orang tetap bersikeras untuk tetap dengan pendiriannya. Tetap bersikeras bahwa dia benar, walaupun dia tahu dia sudah salah, tapi dia keukeuh dan gengsi untuk mengatakan kata maaf. 

Sebenarnya masih cukup banyak orang yang seperti ini, apalagi anak muda. Biasanya egonya yang masih cukup tinggi, sehingga enggan bagi mereka untuk meminta maaf. Dan rasanya ogah untuk meminta maaf. Walaupun mereka sudah tahu jelas bahwa mereka itu salah. Walaupun cukup banyak juga orang tua yang memiliki sifat begini, karena biasanya orang tua semakin tua juga egonya kadang semakin seperti anak kecil, yang keras kepala. Jadi wajar saja kadang ada-ada saja orang tua yang enggan ingin meminta maaf apalagi ke yang lebih muda, misalnya kepada anaknya. mereka lebih mengekspresikan kata maaf mereka dengan treatment. Dimana mereka akan treat anak itu lebih spesial. sebagai tanda maaf. 

Ya untuk case seperti itu wajarlah yah. Karena orang tua, mau marah tapi, gak mungkin, karena mereka orang tua, jadi mau gak mau terima. tapi ini penting untuk kita. yang masih berusia muda. yang sudah sadar jelas akan sudah melakukan kesalahan, tapi enggan untuk meminta maaf, ini harus diperbaiki. pola pikir seperti ini yang harus kita ubah. Mulai belajar untuk mengakui kesalahan. Belajar untuk berani mengakui kesalahan dan bertanggung jawab atas kesalah yang kita lakukan.